WOW 7 Jerawat Yang Mengerikan

shares |

7 jenis jerawat yang sering kita jumpai

intro
Jerawat merupakan jenis penyakit kulit yang paling sering tumbuh di wajah dan sangat mengganggu hingga mempengaruhi kecantikan wajah seseorang. Jenis-jenis jerawat yang ada di dunia medis sangat banyak yang harus diperhatikan. Kesehatan kulit menjadi hal yang sangat penting. Wajah mulus tanpa jerawat mungkin saja menjadi dambaan sebagian besar orang. Banyak orang merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri ketika harus keluar rumah dengan kondisi wajah berjerawat.

Tentang Jerawat
Jerawat sendiri disebabkan karena pori-pori dikulit kita yang tersumbat sehingga memicu tumbuhnya semacam benjolan berwarna merah yang mengandung nanah. Jerawat merupakan penyakit kulit yang hampir semua orang pernah mengalaminya. Jerawat sendiri timbul karena perubahan hormon yang dialami penderitanya dan biasanya muncul saat penderitanya sedang mengalami menstruasi, dalam proses kehamilan, serta mengalami stress yang berlebih.
Banyak yang menyangka bahwa jerawat hanya ada satu jenis. Namun ternyata jerawat memiliki beberapa jenis, diantaranya yaitu:

jerawat biasa
Jenis jerawat ini mudah dikenal, tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Terjadi karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri jenis propionibacterium acne. Bakteri ini biasanya hidup di saluran kelenjar sebaceous yang tersumbat, yaitu di daerah tempat beradanya asam lemak pada kantung kelenjar sebaceous yang tersembunyi di dalam pori-pori kulit. Diberi nama propionibacterium karena mampu memproduksi asam propionik (propionic acid). Bakteri ini merupakan jenis anaerobik sehingga dapat hidup tanpa butuh oksigen, dan mempunyai ciri-ciri aerotolerant yang menimbulkan iritasi pada daerah sekitarnya. Bakteri yang menginfeksi bisa dari waslap, kuas make up, jari tangan, juga telepon. Stres, hormon dan udara yang lembap, dapat memperbesar kemungkinan terbentuknya jerawat.

jerawat biasa
jerawat biasa 
Cara Mengatasi : Jika anda ingin menangani masalah jerawat dalam jangka waktu singkat karena akan menghadiri sebuah acara penting, anda dapat menyiasatinya dengan mengoleskan pasta gigi pada jerawat yang muncul pada wajah anda menjelang tidur. Pasta gigi mengandung fluroide yang berkhasiat untuk mengurangi bengkak dan kemerahan yang ditimbulkan oleh jerawat. selain itu anda juga dapat menggunakan tomat maupun lemon sebagai masker untuk menghilangkan jerawat serta menghilangkan noda hitam bekas jerawat..dan jangan lupa minum air putih 1 hari 2 liter

jerawat batu
Jerawat memang selalu menjadi masalah yang cukup mengganggu penampilan kita. Umumnya jerawat ini menyerang kaum remaja yang sedang mengalami masa puber. Namun tak selamanya begitu, karena jerawat pun bisa terjadi pada orang dewasa. Salah satu jerawat yang sering mengganggu kita adalah jenis jerawat batu. Penyebab jerawat batu pada wajah ini ada dua macam, yakni karena factor genetic atau keturunan dan juga penyumbatan pori-pori wajah karena kosmetik yang tidak dibersihkan.
Jerawat batu memiliki ukuran yang lebih besar daripada jerawat biasa. Jerawat batu berwarna lebih merah dan meradang. Jika terus dibiarkan, jerawat batu akan meninggalkan bekas yang susah dihilangkan. Jerawat batu atau yang sering disebut juga Cystic Acne disebebkan karena kelenjar minyak yang terlalu banyak dan pertumbuhan sel yang tidak normal. Jerawat batu tergolong jerawat yang parah.

jerawaat batu

Secara genetik, jerawat batu ini diturunkan oleh keluarga sebab memiliki kelenjar minyak yang berlebihan. Kelenjar minyak itulah yang menjadi salah satu penyebab jerawat batu pada wajah. Bukan hanya itu saja, factor stress dan kurangnya jam istirahat kita di malam hari ini juga akan menyebabkan jerawat batu tumbuh pada wajah.
Itu umum terjadi pada remaja, sedangkan jika jerawat batu muncul pada orang dewasa, ini biasanya dipicu oleh hormon pada saat hamil dan juga penggunaan pil KB.
Sebenarnya banyak cara yang dilakukan untuk menghilangkan jerawat batu dengan cara yang instan melalui klinik-klinik kecantikan yang semakin menjamur saat ini. Namun, biaya yang dikeluarkan tentu saja tak sedikit. Anda harus merogoh kocek dalam-dalam untuk menghilangkan jerawat batu anda. Atau anda juga bisa menggunakan antibiotic atau sejenis obat jerawat lainnya untuk menghilangkan penyebab jerawat batu anda.
saran Pengobatan : jerawat batu ini tidak terlalu sulit. Anda bisa menggunakan cara alami untuk menghilangkan jerawat batu, salah satunya dengan jeruk nipis atau pasta gigi. Dengan jeruk nipis anda bisa mengoleskan pada wajah anda selama beberapa menit dan membilasnya kemudian. Sedangkan dengan pasta gigi, anda bisa mengoleskan pada malam harinya pada bagian yang berjerawat kemudian membilasnya keesokan harinya.
Sebagai langkah pencegahan, ada baiknya ketahui penyebab jerawat batu terlebih dahulu. Jika penyebabnya adalah karena genetik,, maka anda bisa mengantisipasi dengan mengurangi makanan yang berminyak dan juga menggunakan pelembab wajah yang tidak menyebabkan wajah berminyak. Jika penyebabnya karena kosmetik, sebaiknya bersihkan wajah secara teratur terutama sebelum anda tidur dan setelah penggunaan kosmetik.

Komedo
komedo
komedo

Komedo adalah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka (Blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

Saran Pengobatan :
Untuk menghilangkan jerawat jenis komedo ini, anda dapat menghilangkannya dengan putih telur. Caranya yaitu dengan mencelupkan kapas pada putih telur lalu tempelkan pada wajah anda yang berjerawat komedo. Tunggu sampai putih telur tersebut mengering, lalu angkat kapas tersebut. Anda akan melihat banyak komedo tercabut pada kapas tersebut.

Selain jenis jerawat yang telah disebutkan diatas, ada beberapa jenis jerawat lagi yang banyak dialami oleh penderitanya, yaitu:

Jerawat Juvenil
Jerawat ini timbul pada masa pubertas umur 14-20 tahun. Penyebab jerawat ini yaitu masalah hormonal yang belum stabil dalam memproduksi sebum.

jerawat juvenil

Cara Mengatasi :
Untuk mengatasi jerawat ini anda bisa menggunakan sabun wajah yang memiliki PH seimbang atau sabun bayi transculent. Jerawat tipe juvenil merupakan perkembangan dari hormon jadi mungkin harus di atasi dengan cara yang alami, jangan menggunakan cara berbahaya.


jerawat vulgaris
jerawat vulgaris

Jerawat vulgaris merupakan semacam kelainan kulit yang ditandai dengan erupsi komedo terbuka, komedo tertutup maupun jerawat yang diikuti dengan kulit kemerahan serta bersisik. Jerawat ini biasanya timbul pada masa remaja dan umunya berlanjut sampai pada masa dewasa. Jerawat ini bisa disebabkan karena kelebihan minyak, perubahan hormonal, produk kosmetik serta kulit mati yang tidak lepas secara semestinya.

Cara Mengatasi :
Pengobatan yang tepat untuk jerawat jenis ini yaitu dengan cara menghilangkan bakteri, mengendalikan minyak berlebih pada wajah, serta dengan meningkatkan pergantian sel kulit mati. Jerawat ini biasanya akan membaik seiring berjalannya waktu tanpa ada intervensi apapun. Tapi jika jerawat ini sudah semakin parah, dapat menimbulkan kerusakan dan harus mendapatkan pegobatan dari dokter spesialis kulit. Jerawat ini tidaklah menular serta dapat disembuhkan..

Jerawat Rosacea
Jerawat ini biasanya timbul pada wanita yang berusia 30-50 tahun. Pada mulanya, jerawat ini akan tampak kemerahan yang dapat menimbulkan peradangan sehingga bisa menimbulkan sisik pada lipatan hidung.
jerawat rosacea

Saran Pengobatan :
Jerawat ini membutuhkan perawatan dari dokter kulit, biasanya berupa penguapan , kompres air panas atau dengan penyinaran menggunakan sinar infra merah untuk pengeringan jerawat.






Jerawat Nitrosica


jerawat nitrosica



Jerawat jenis ini adalah jerawat yang suka meninggalkan bekas luka/ bekas jerawat pada muka dan harus diwaspadai karena yang jika dibiarkan akan menyebabkan lubang pada kulit wajah.

Saran Pengobatan :
Pengobatn pada jerawat ini harus dengan bantuan dokter kulit. Teknologi kecantikan seperti mikrodermabrasi, teknologi laser, dan perawatan kecantikan lainnya dapat membantu untuk menghilangkan jenis jerawat ini.







Cara Mengatasi Jerawat di Wajah

Ketika anda mengalami jerawat yang timbul diwajah, anda tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak sekali penelitian yang menunjukkan bahwa bahan-bahan alami dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi jerawat. Anda dapat menggunakan beberapa bahan dibawah ini untuk mengobati jerawat anda, yaitu:
Madu asli
Madu asli sudah dikenal lama sebagai bahan yang berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Caranya yaitu dengan mengoleskan madu pada wajah, diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas dengan air bersih.
Mentimun
Mentimun memiliki kadar air cukup banyak yang dapat memperlancar saluran pada pori-pori wajah. Caranya yaitu dengan mengiris beberapa potong mentimun lalu tempelkan pada wajah anda yang berjerawat.
Jeruk Nipis
Jeruk nipis dapat mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah. Jeruk nipis dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah jerawat dengan mengusapkan perasan jeruk nipis pada wajah anda sebelum anda ingin tidur.
Rutin membersihkan wajah
Selain menggunakan bahan alami, prinsip dasar yang harus anda lakukan untuk mengatasi jerawat yakni dengan rutin membersihkan wajah. Dengan rutin membersihkan wajah akan terhindar dari kotoran-kotoran yang menumpuk pada bagian wajah anda. Membersihkan wajah bisa dilakukan dengan menggunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit wajah anda.
Perawatan Wajah
Selain menggunakan bahan-bahan alami, tidak ada salahnya jika anda juga mencoba untuk melakukan perawatan wajah pada dokter kulit maupun klinik kecantikan. Karena untuk mendapatkan wajah yang bersih tidak hanya bisa dengan menggunakan bahan-bahan alami, tapi terkadang juga membutuhkan alat-alat tertentu yang bisa digunakan untuk membersihakn wajah secara optimal.

Tips Menghindari Jerawat

Setelah anda menjalankan pengobatan untuk mengatasi jerawat, ada baiknya juga jika anda menghindari beberapa hal yang dapat menimbulkan jerawat pada wajah anda, diantaranya yaitu :
Memilih kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit anda;
Mengurangi tidur larut malam;
Mengurangi rokok,
Hindari makanan berupa gorengan, coklat, alkohol, kopi serta kacang-kacangan;
Mengurangi kemungkinan terjadinya resiko stress karena stress akan menyebabkan penderitanya mengkonsumis makanan yang berlemak; Bersihkan layar ponsel anda, karena tanpa anda sadari ada banyak bakteri yang menempel pada kulit wajah anda jika anda sering bertelponan dalam kondisi layar ponsel anda kotor.
Macam-macam jerawat yang ada memang berbeda penanganannya, namun keseluruhan jenis jerawat lebih baik dicari tahu pencegahannya agar tidak terjadi pada anda.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

Related Posts